Sabtu, 23 Februari 2013

pengkajian lansia


FORMAT PENGKAJIAN KLIEN LANSIA

A.   FORMAT RIWAYAT KESEHATAN
1. Riwayat Klien/Data Biografis
Nama                                                                            :
Alamat/Telephon                                                            :
Tempat dan tanggal lahir/umur                           :
Jenis Kelamin                                                                 :
Suku                                                                             :
Agama                                                                          :
Status Perkawinan                                                          :
Pendidikan                                                                     :
Orang yang paling dekat yang dapat dihubungi     :

2. Riwayat Keluarga
PASANGAN
ANAK-ANAK
Hidup
Status kesehatan
Umur
Pekerjaan
Kematian
Tahun meninggal
Penyebab kematian
:
:
:
:
:
:
:
Hidup
Nama dan alamat



Tahun meninggal
Penyebab kematian
:
:



:
:

3. Riwayat Pekerjaan
Status pekerjaan saat ini: ________________________________________________________
Pekerjaan sebelumnya: __________________________________________________________
Sumber-sumber pendapatan dan kecukupan terhadap kebutuhan: ______________________________________________________________________________

4. Riwayat Lingkungan Hidup
Tipe tempat tinggal: ____________________________________________________________
Jumlah kamar: _________________________________________________________________
Jumlah orang yang tinggal di rumah: _______________________________________________
Derajat privasi: ________________________________________________________________
Tetangga terdekat : _____________________________________________________________

5. Riwayat Rekreasi
Hobbi/minat : _________________________________________________________________
Keanggotaan organisasi : ________________________________________________________
Liburan/perjalanan : ____________________________________________________________

6. Sumber/Sistem Pendukung yang Digunakan
Dokter : ____________________________________________________________________
Rumah sakit/Klinik: ___________________________________________________________

7. Deskripsi Hari Khusus (termasuk kebiasaan ritual waktu tidur)
8. Status Kesehatan Saat Ini
Status kesehatan umum selama setahun yang lalu: _____________________________________________________________________________
Status Kesehatan umum selama 5 tahun yang lalu: _____________________________________________________________________________
Keluhan-keluhan kesehatan utama: _____________________________________________________________________________
Pengetahuan/pemahaman dan penatalaksanaan masalah kesehatan (mis., diet khusus, mengganti balutan): ___________________________________________________________
Derajat keseluruhan fungsi relatif terhadap masalah kesehatan dan diagnosa medis: ____________________________________________________________________________
a. Obat-obatan:
Nama: _________________________________________
Dosis: __________________________________________
Bagaimana/kapan menggunakannya: _______________________________________
Dokter yang menginstruksikan: ____________________________________________
Tanggal resep: _________________________________________________________
Pada pengkajian obat-obatan yang diapakai, perlu dikaji Masalah-masalah dengan ketaatan (aturan yang rumit dengan jumlah dab jenis obat yangbanyak, defisit penglihatan, efek samping takmenyenangkan, persepsi keefek­tifan, kesulitan memperoleh clan kemampuan menghasilkan)
b. Alergi (catatan agen clan reaksi spesifik)
Obat-obatan: ___________________________________________________________
Makanan : _____________________________________________________________
Kontak substansi: _______________________________________________________
Faktor-faktor lingkungan: _________________________________________________
c. Nutrisi
Catat kembali diet 24 jam (termasuk masukan cairan):
Diet khusus, pembatasan makanan, atau makanan pilihan: ______________________________________________________________________
Riwayat peningkatan/penurunan berat badan: ______________________________________________________________________
Pola konsumsi makanan dan minuman (mis., frekuensi, sendiri atau dengan orang lain): ______________________________________________________________________
Masalah-masalah yang mempengaruhi masukan makanan dan minuman (mis., pendapatan tidak adekuat, kurang transportasi, masalah menelan/mengunyah, stres emosional): ______________________________________________________________________
Kebiasaan yang mempengaruhi pola makan dan minum: ______________________________________________________________________

9 Status Kesehatan Masa Lalu
      Penyakit masa kanak-kanak: _______________________________________________________
Penyakit serius atau kronik: ________________________________________________________
Trauma: ________________________________________________________________________
Perawatan di rumah sakit (catat alasan, tanggal, tempat, durasi, dokter): _______________________________________________________________________________
Operasi (perhatikan jenis, tanggal, tempat, alasan, dokter): _______________________________________________________________________________
Riwayat obstetric: _______________________________________________________________

10. Riwayat Keluarga
Gambarkan silsilah (identifikasi kakek/nenek, orangtua, paman, bibi, saudara kar dung, pasangan,anak-anak)
Survai hal berikut ini: kanker, diabetes, penyakitjantung, hipertensi, ganggguan ke jang, penyakit ginjal, artritis, alkoholisme, masalah kesehatan mental, anemia.

11. Tinjuan Sistem
Beri tanda cek ya atau tidak untuk setiap gejala dan termasuk analisis gejala penul pada respons-respons positif pada akhir setiap sistem.

a. umum
MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Kelelahan


Perubahan berat badan setahun yang lalu


Perubahan napsu makan


Demam


Keringat malam


Kesulitan tidur


Sering pilek, infeksi



Penilaian diri terhadap seluruh status kesehatan: ____________________________________________________________________________
Kemampuan untuk melakukan AKS/ADL (aktivitas kehidupan sehari-hari): ____________________________________________________________________________


b.  integumen

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Lesi/luka


Pruritus


Perubahan pigmentasi


Perubahan tekstur


Perubahan nevi


Sering memar


Perubahan rambut


Perubahan kuku


Katimumul pada jari-jari kaki, kalus


Pemajanan lama terhadap matahari



Pola penyembuhan lesi: _______________________________________________________

c. Hemopoetik

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Perdarahan/memar abnormal


Pembengkakan kelenjar limfa


Anemia



Riwayat transfusi darah: ______________________________________________________

d. Kepala

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Sakit kepala


Trauma berarti pada masa lalu


Pusing


Gatal kulit kepala



e. Perubahan penglihatan

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Kaca mata/lensa kontak


Nyeri


Air mata berlebihan


Pruritus


Bengkak sekitar mata


Floater


Diplopia


Kabur


Fotofobia


Skotomata


Riwayatinfeksi



Tanggal pemeriksaan paling akhir: ______________________________________________
Tanggal pemeriksaan glaukoma paling akhir: _____________________________________
Dampak pada penampilan AKS: ________________________________________________

f. Telinga

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Perubahan pendengaran


Tinitus


Vertigo


Sensitivitas pendengaran


Alat-alat prostesa


Riwayat infeksi



Tanggal pemeriksaan paling akhir: _______________________________________________
Kebiasaan perawatan telinga: ___________________________________________________
Dampak pada penampilan AKS: __________________________________________________

g. Hidung dan Sinus

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Rinorea


Epistaksis


Obstruksi


Mendengkur


Nyeri pada sinus


Drip postnasal


Alergi



Riwayat infeksi: ______________________________________________________________
Penilaian diri pada kemampuan olfaktori: __________________________________________

h. Mulut dan Tenggorok

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Sakit tengorok


Lesi/ulkus Serak


Perubahan suara


Kesulitan menelan


Perdarahan gusi


Karies


Kesulitan menelan


Alat-alat prostesa


Riwayat infeksi



Tanggal pemeriksaan gigi paling akhir: ____________________________________________
Pola menggosok gigi: __________________________________________________________
Pola flossing: ___________________________________________________________________
Masalah dan kebiasaan membersihkan gigi palsu: ___________________________________

i. Leher

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Kekakuan


Nyeri/nyeri tekan


Benjolan/massa


Keterbatasan gerak



j. payudara

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Benjolan/massa


Nyeri/nyeri tekan


Bengkak


Keluar cairan dari puting susu


Perubahan pada puting susu



Pola pemeriksaan payudara sendiri: ______________________________________________
Tanggal dan hasil mamogram paling akhir: _________________________________________

k. Pernapasan

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Batuk


Sesak napas


Hemoptisis


Sputum


Mengi


Asma/alergi pernapasan



Tangggal dan hasil pemeriksaan sinar x dada terakhir: ____________________________________________________________________________


l. Kardiovaskuler

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Nyeri/ketidaknyamanan dada


Palpitasi


Sesak napas


Dispnea pada aktivitas


Dispnea nokturnal paroksimal


Ortopnea


Murmur


Edema


Varises


Kaki timpang


Parestesia


Perubahan warna kaki



m. Gastrointestinal

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Disfagia


Takdapat mencerna


Nyeri ulu hati


Mual/muntah


Hematemesia


Perubahan napsu makan


Intoleran makanan


Ulkus


Nyeri


Ikterik


Benjolan/massa


Perubahan kebiasaan defekasi


Diare


Konstipasi


Melena


Hemoroid


Perdarahan rektum



Pola defekasi biasanya: ______________________________________________________

n.     Perkemihan

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Disuria


Frekuensi


Ragu-ragu


Menetes


Ragu-ragu


Dorongan


Hematuria


Poliuria


Oliguria


Nokturia


Inkontinensia


Nyeri saat berkemih


Batu


Infeksi




o.     Genitoreproduksi-Pria

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Lesi


Nyeri testikuler


Massa testikuler


Masalah prostat


Penyakit kelamin


Perubahan hasrat seksual


Impotensi


Masalah: aktivitas seksual



p. Genitoreprodnksi-Wanita
MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Lesi


Perdarahan pasca-senggama


Nyeri pelvik


Sistokel/rektokel/prolaps


Penyakit kelamin


Infeksi


Masalah: aktivitas seksual


Dispareunia



Riwayat menstruasi (usia awaitan, tanggal periode menstruasi terakhir): ____________________________________________________________________________
Riwayat menopause (usia, gejala, masaiah-masalah pasca-menopause)­: ____________________________________________________________________________
Tanggal dan hasil tes Papsmear  paling akhir: ____________________________________________________________________________

G: __________________   P:_______________   A:_________________

q. Muskuloskeletal

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Nyeri persendian


Kekakuan


Pembengkakan sendi


Deformitas


Spasme


Kram


Kelemahan otot


Masalah cara berjalan


Nyeri punggung


Prostesa



Pola kebiasaan latihan: _________________________________________________________
Dampak pada penampilan AKS: __________________________________________________

r. Sistem Saraf Pusat:

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Sakit kepala


Kejang


Sinkope/serangan jatuh


Paralisis


Paresis


Masalah koordinasi


Tic/tremor/spasme


Parestesia


Cedera kepala


Masalah memori




s. Sistem Endokrin

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Intoleran panas


Intoleran dingin


Goiter


Pigmentasi kulit/tekstur


Perubahan rambut


Polifagia


Polidipsia


Poliuria



t. Psikososial

MASALAH YANG DIKAJI
YA
TIDAK
Cemas


Depresi


Insomnia


Menangis


Gugup


Takut


Masalah dalam mengambil keputusan


Kesulitan berkonsentrasi



Pernyataan perasaan umum mengenai kepuasan/frustrasi: __________________________________________________________________________
Mekanisme koping yang hiasa: ________________________________________________
Stres saat ini: _____________________________________________________________
Masalah tentang kematian : __________________________________________________
Dampak penampilan AKS: ____________________________________________________


B.   PENGKAJIAN FUNGSIONAL, KOGNITIF, AFEKTIF DAN SOSIAL

1.  PENGKAJIAN FUNGSIONAL (INDEKS Katz)
Indeks Kemandirian pada Aktivitas Kehidupan Sehari-hari berdasarkan pada evaluasi fungsi mandiri atau tergantung dari klien dalam mandi, berpakaian, pergi ke kamar mandi, berpindah, kontinen, dan makan. Definisi khusus dari keman­dirian fungsional dan tergantung tampak pada indeks.

A
Kemandirian dalam hal makan, kontinen, berpindah, ke kamar kecil, berpa­kaian, dan mandi.
B
Kemandirian dalam semua hal kecuali satu dari fungsi tersebut.
C
Kemandirian dalam semua hal kecuali mandi dan satu fungsi tambahan
D
Kemandirian dalam semua hal kecuali mandi, berpakaian dan satu fungsi tambahan
E
Kemandirian dalam semua hal kecuali mandi, berpakaian, ke kamar kecil, dan satu fungsi tambahan.
F
Kemandirian dalam semua hal kecuali mandi, berpakaian, ke kamar kecil, berpindah dan satu fungsi tambahan.
G
Ketergantungan pada keenam fungsi tersebut
Lain-Lain
Tergantung pada sedikimya dua fungsi, tetapi tidak dapat dikiasifikasikan sebagai C, D, E, atau F

Kemandirian berarti tanpa pengawasan, pengarahan, atau bantuan pribadi aktif, kecuali seperti secara spesifik diperlihatkan di bawah ini. Ini didasarkan pada sta­tus aktual dan bukan pada kemampuan. Seorang klien yang menolak untuk melaku­kan suatu fungsi dianggap sebagai tidak melakukan fungsi, meskipun ia dianggap mampu.

a. Mandi (Spon, Pancuran, atau Bak)           
Mandiri: bantuan hanya pada satu bagian mandi seperti punggung atau ekstremitas yang tidak mampul atau mandi sendiri sepenuhnya.
Tergantung: bantuan mandi lebih dari satu bagian tubuh, bantuan masuk dan keluar dari bak mandi, tidak mandi sendiri.


b. Berpakaian
Mandiri: mengambii baju dari kloset dan laci; berpakaian, melepaskan pakaian, mengikat; mengatur pengikat; melepas ikatan sepatu.
Tergantung: tidak memakai baju sendiri atau sebagian masih tidak menggunakan pakaian.

c. Ke Kamar Kecil
Mandiri: ke kamar kecil; masuk dan keluar dari kamar kecil; merapikan baju; membersihkan organ-organ ekskresi; (dapat mengatur bedpan sendiri yang diguna­kan hanya malam hari dan dapat atau takdapat menggunakan dukungan mekanis)
Tergantung: menggunakan bedpan atau pispot atau menerima bantuan dalam masuk dan menggunakan toilet

d. Berpindah
Mandiri: berpindah ke dan dari tempat tidur secara mandiri, berpindah duduk dan bangkit dari kursi secara mandiri (dapat atau tidak dapat menggunakan dukungan mekanis)
Tergantung: bantuan dalam berpindah naik atau turun dari tempat tidur dan/atau kursi; tidak melakukan satu atau lebih perpindahan

e. Kontinen
Mandiri: berkemih dan defekasi seluruhnya dikontrol sendiri
Terganrung: inkontinensia parsial atau total pada perkemihan atau defekasi; konirol total atau parsial dengan enema, kateter, atau penggunaan urinal dan/atau bedpan teratur

f. Makan
Mandiri: mengambil makanan dari piring atau keseksamaan memasukannnya ke mulut, (memotong-motong daging dan menyiapkan makanan, seperti mengolesi roti dengan mentega, tidak dimasukan dalam evaluasi)
Tergantung: bantuan dalam hal makan (lihat di atas); tidak makan sama sekali, atau makan per parentral.


2.   PENGKAJIAN STATUS KOGNITIF/AFEKTIF (Short Portable Mental Status Questionnaire/SPMSQ)
Instruksi: Ajukan pertanyaan 1-10 pada daftar ini, dan catat semua jawaban. Ajukan pertanyaan 4 A hanya jika klien tidak mempunyai telepon. Catat jumlah kesalahhan total berdasarkan sepuluh pertanyaan.

+
-
PERTANYAAN


1. Tanggal berapa hari ini? (Tanggal, bulan, tahun)


2. Hari apa sekarang ini?


3. Apa nama tempat ini?


4. Berapa nomor telepon Anda?


4A.Dimana alamat Anda? (Tanyakan hanya bila klien tidak memiliki telepon)


5. Berapa umur Anda?


6. Kapan Anda lahir?


7. Siapa presiden Indonesia sekarang?


8. Siapa presiden sebelumnya?


9. Siapa nama ibu Anda?


10. Kurangi 3 dari 20 dan tetap pengurangan 3 dari setiap angka baru, semua secara menurun


Jumlah kesalahan total

Dilengkapi oleh Pewawancara

Nama Pasien:                      Tanggal pengkajian:
Jenis kelamin:                     Suku:         
Pendidikan:        
Nama pewawancara:

Penilaian

Kesalahan 0-2             Fungsi intelektual utuh
Kesalahan 3-4             Kerusakan intelektual Ringan
Kesalahann 5-7           Kerusakan intelektual Sedang
Kesalahan 8-10           Kerusakan intelektual Berat

Keterangan Penilaian yang berhubungan dengan tingkat pendidikan

Bisa dimaklumi bila lebih dari satu kesalahan bila subjek hanya berpendidikan sekolah dasar.
Bisa dimaklumi bila kurang dari satu kesalahan bila subjek mempunyai pendidikan di atas sekolah menengah atas

3.   PENGKAJIAN FUNGSI SOSIAL
1   (Inventaris Depresi Beck)
Instruksi: 
Silahkan baca seluruh kelompok pernyataan dalam setiap kategori. Kemudian pilih satu pernyataan dalam kelompok tersebut. Yakinkan untuk membaca semua pernyataan pada setiap kelompok sebelum membuat pilihan anda.

A.   (Kesedihan)
3      Saya sangat sedih atau tidak bahagia di mana saya takdapat menghadapinya.
3      Saya galau atau sedih sepanjang waktu dan saya tidak dapat keluar darinya.
1    Saya merasa sedih atau galau.
0    Saya tidak merasa sedih.

B.   (Pesimisme)                  .
3    Saya merasa bahwa masa depan adalah sia-sia dan sesuatu tidak dapat membaik.
2    Saya merasa saya tidak mempunyai apa-apa untuk memandang ke depan.
1    Saya merasa berkecil hati mengenai masa depan.
0    Saya tidak begitu pesimis atau kecil hati tentang masa depan

C.   (Rasa Kegagalan)
3    Saya merasa saya benar-benar gagal sebagai seseorang (orangtua, suami, istri).
2    Seperti melihat ke belakang hidup saya, semua yang dapat saya lihat hanya kegagalan.
1    Saya merasa saya telah gagal melebihi orang pada umumnya.
0    Saya tidak merasa gagal.

D.   (Ketidakpuasan)
3    Saya tidak puas dengan segalanya.
2    Saya tidak lagi mendapatkan kepuasan dari apapun.
1    Saya tidak menyukai cara yang saya gunakan.
0    Saya tidak merasa tidak puas.

E.   (Rasa Bersalah)
3    Saya merasa seolah-olah saya sangat buruk atau takberharga.
2    Saya merasa sangat bersalah.
1    Saya merasa buruk atau takberharga sebagai bagian dari waktu yang baik.
0    Saya tidak merasa benar-benar bersalah.

F.   (Tidak menyukai diri sendiri)
3    Saya benci diri saya sendiri.
2    Saya muak dengan diri saya sendiri.
1    Saya tidak suka dengan did saya sendiri.
0    Saya tidak merasa kecewa dengan diri sendiri.

G.   (Membahayakan diri sendiri)
3    Saya akan membunuh diri saya sendiri jika saya mempunyai kesempatan.
2    Saya mempunyai rencana pasti tentang tujuan bunuh diri.
1    Saya merasa lebih baik mati.
0    Saya tidak mempunyai pikiran-pikiran mengenai membahayakan diri sendiri

H.   (Menarik Did dari Sosial)
3    Saya telah kehilangan semua minat saya pada orang lain dan tidak perduli pada mereka semuanya.
2    Saya telah kehilangan semua minat saya pada orang lain dan mempunyai sedikit perasaan pada mereka.
1    Saya kurang berminat pada orang lain daripada sebelumnya
0    Saya tidak kehilangan minat pada orang lain.

I.    (Keragu-raguan)
3    Saya tidak dapat membuat keputusan sama sekali.
2    Saya mempunyai banyak kesulitan dalam membuat keputusan.
1    Saya berusaha mengambil keputusan.
0    Saya membuat keputusan yang baik.

J.   (Perubahan Gambaran Diri)
3    Saya merasa bahwa saya jelek atau tampak menjijikkan.
2    Saya merasa bahwa ada perubahan-perubahan yang permanen dalam penampilan saya, dan ini membuat saya tak menarik.
1    Saya kawatir bahwa saya tampak tua atau takritenarik.
0    Saya tidak merasa bahwa saya tampak lebih buruk daripada sebelumnya.
K.   (Kesulitan Kerja)
3    Saya tidak melakukan pekerjaan sama sekali.
2    Saya telah mendorong diri saya sendiri dengan keras untuk melakukan sesuatu.
1    Ini memerlukan upaya tambahan untuk mulai melakukan sesuatu.
0    Saya dapat bekerja kira-kira sebaik sebelumnya.

L.   (Keletihan)
3    Saya sangat lelah untuk melakukan sesuatu.
2    Saya lelah untuk melakukan sesuatu.
1    Saya lelah lebih dari yang biasanya.
0    Saya tidak lebih lelah dari biasanya.

M.   (Anoreksia)
3    Saya tidak lagi mempunyai napsu makan sama sekali.
2    Napsu makan saya sangat memburuk sekarang.
1    Napsu makan saya tidak sebaik sebelumnya.
0    Napsu makan saya tidak buruk dari yang biasanya.

Penilaian

0-4             Depresi tidak ada atau minimal.
5-7             Depresi ringan.
8-15            Depresi sedang.
16+            Depresi berat.

2.   APGAR KELUARGA

INSTRUKSI

Mintalah asien untuk menjawab pertanyaan di bawah ini. Gunakan kata “keluarga” apabila saudara mengkaji hubungan klien dengan keluarga dan gunakan kata “teman-teman” untuk menanyakan hubungan klien dengan teman-temannya

1.     Saya puas bahwa saya dapat kembali pada keluarga (teman-teman) saya untuk membantu pada waktu sesuatu menyusahkan saya. (adaptation)
2.     Saya puas dengan cara keluarga (teman-teman) saya membicarakan sesuatu dengan saya dan mengungkapkan masalah dengan saya (Partnership)
3.     Saya puas bahwa keluarga (teman-teman) saya menerima dan mendukung keinginan saya untuk melakukan aktifitas atau arah baru (Growt)
4.     Saya puas dengan cara keluarga (teman-teman) saya mengekspresikan afek dan berespons terhadap emosi-emosi saya seperti marah sedih atau mencintai (Affection)
5.     Saya puas dengan cara teman-teman saya dan saya menyediakan waktu bersama-sama (Resolve)

Penilaian:
Pertanyaan yang dijawab:
·  Selalu                                     mendapat point 2
·  Kadang-kadang                       mendapat point 1
·  Tidak pernah                           mendapat point 0

Total nilai kurang dari 3 menandakan disfungsi keluarga yang sangat tinggi

Total nilai antara 4-6 mmenandakan disfungsi keluarga sedang
Total nilai 7-10 menandakan tidak ada disfungi keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar